Jangan Emosi Dulu, Kenali Kamus Bahasa Balita Anda!


 

Sering kali, Anda pusing dan keburu emosi duluan setiap si kecil tidak mengikuti apa yang Anda harapkan. Anda terus saja bertanya mengapa si kecil selalu menolak. Tenang dulu, Ma. Jangan-jangan kalimat yang Anda gunakan salah.
 
Ketahui dua kamus bahasa balita berikut agar komunikasi jadi lebih efektif dan efisien:


1. Memintanya Tidak Berisik

Anda mungkin akan refleks mengatakan, “Sssst, diam, ya!” saat si kecil berisik sementara pasangan Anda sedang rapat virtual dengan rekan kantornya dari rumah. Tapi, tetap saja si kecil tidak bisa diam.
 
Balita belum bisa memahami yang Anda maksud dengan diam. Mereka masih belajar mengatur suara mereka. Oleh karenanya, alih-alih meminta diam, maka katakan padanya dengan suara berbisik, “Ngomongnya kayak gini, ya!” Anak-anak adalah peniru ulung. Dengan respons cepat, ia bisa meniru Anda untuk tidak berisik dan berbicara menggunakan suara berbisik.


2. Memintanya Tidak Kasar

Saat si kecil berteriak menolak permintaan Anda untuk minum susu atau bahkan memukul Anda, respons yang paling sering dikeluarkan barangkali adalah sesuatu yang tegas seperti, “Jangan kasar, dong!” Balita berada di tahapan ingin membuktikan pada dirinya sendiri bahwa mereka sudah memiliki kendali.
 
Ia tidak mampu memahami apa yang dimaksud dengan kasar. Baginya, itu hanyalah menyatakan pendapatnya. Nah, kalimat yang bisa Anda gunakan untuk berbicara padanya adalah: “Kamu mau main dulu, ya? Oke, kalau sudah selesai, minum susu, ya.”
 
Hal yang sama juga berlaku dengan cara mencontohkan. Misal, saat ia menepuk kucing dengan keras. Mereka barangkali belum mampu mengontrol gerakan tangannya. Hindari berkata “Jangan gitu, kasar.” Sebaliknya, berikan contoh mengelus kucing dengan lembut dan katakan padanya, “Begini cara mengelus kucing.”
 
 
Baca juga:
Tenangkan Tantrum Si Kecil dengan 7 Kalimat Ini
10 Kalimat Andalan agar Si Kecil Kooperatif
7 Kalimat Efektif Mendisiplinkan Anak [Part 1]
7 Kalimat Efektif Mendisiplinkan Anak [Part 2]
8 Kalimat yang Ingin Didengar Anak Anda Setiap Hari
 

(LELA LATIFA)
FOTO: FREEPIK

 
 
 

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

Jangan Emosi Dulu, Kenali Kamus Bahasa Balita Anda!

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia