Kenalkan Butterfly Hug pada Anak untuk Redakan Kecemasan




Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami kecemasan. Mereka mungkin cemas saat harus berpisah dengan orang tua, pindah rumah, datang ke lingkungan baru dan bertemu teman baru, maupun saat akan memulai sekolah.
 
Wujud kecemasan yang ditunjukkan anak-anak bisa berbeda-beda. Mereka bisa tampak tantrum, mudah marah, atau bahkan mengalami kesulitan tidur. Clark R. Goldstein, Ph.D., mantan asisten profesor klinis psikiatri anak dan remaja di Pusat Studi Anak, NYU School of Medicine, AS mengatakan bahwa orang tua justru sering mengambil langkah yang salah dalam merespons kecemasan anak. Misalnya saja, bila anak cemas setiap bertemu orang baru, maka orang tua memilih untuk tidak mengajak mereka pergi ke lingkungan baru.
 
Padahal, Clark berkata, “Untuk membantu anak-anak mengatasi kecemasan bukanlah dengan mencoba menghilangkan stres yang memicunya. Orang tua harusnya membantu anak menoleransi dan mengelola kecemasannya sebaik mungkin.
 
Ketika anak sedang cemas, Anda bisa mengajarkan teknik terapeutik ‘Butterfly Hug’untuk membantu mereka menenangkan diri dan merasa lebih relaks. Butterfly Hug dikenalkan oleh Lucina Artigas, M.A., M.T., dan Ignacio Jarero, Ed.D., Ph.D., M.T. untuk membantu orang-orang yang selamat dari badai Pauline di Meksiko, pada tahun 1998. Butterfly Hug ini terbukti efektif untuk membantu mengurangi kecemasan.
 
Langkah Butterfly Hug

  • Silangkan tangan di depan dada. Masing-masing tangan menyentuh lengan atas atau bahu yang berlawanan.
  • Posisikan jari tangan ke atas atau mengarah ke leher, bukan ke arah lengan.
  • Gerakkan tangan menepuk-nepuk lengan seperti sayap kupu-kupu yang mengepak lembut.
  • Mata boleh terpejam.
  • Sembari tangan bergerak, napas dalam dan perlahan.
  • Lakukan 1-3 menit hingga merasa lebih lega dan tenang.
 
Butterfly Hug ini bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Agar lebih membantu, anak-anak juga perlu dikenalkan untuk mengidentifikasi emosinya. Mereka harus tahu emosi apa yang sedang dihadapinya, apakah takut, ragu, atau marah agar mereka lebih bisa memvalidasinya.
 
Baca juga:
Trik Menumbuhkan Anak-anak Abad 21 yang Mindful
8 Cara Seru Melatih Mindfulness pada Si Kecil
Prinsip Melatih Anak-anak untuk Mindful Bagi Orang Tua Pemula
 
Manfaat Meditasi untuk Ketenangan Batin
Meditasi Untuk Anak
Mengenal Breathwalk, Teknik Meditasi Sambil Berjalan
Manfaat Yoga untuk Fisik dan Pikiran Anak
 
 
LTF
FOTO: SHUTTERSTOCK

 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Kenalkan Butterfly Hug pada Anak untuk Redakan Kecemasan