Kapan Bayi Mulai Merangkak?


Anak mulai memasuki fase merangkak, apa tanda-tandanya?

KAPAN MULAI:

Kebanyakan bayi akan belajar merangkak pada usia 6 sampai 10 bulan, meskipun ada juga yang merangkak sebelum usia itu, atau bahkan sesudahnya. “Ketika ototnya mulai kuat dan koordinasinya berkembang, anak akan mulai menggunakan sikunya sebagai tumpuan untuk menarik dirinya maju,” kata Profesor Oberklaid. “Kemudian, ia juga akan menggunakan lututnya untuk bisa ‘berjalan’ lebih cepat.”

AYO BANTU:

Letakkan mainan yang menarik perhatian di luar jangkauan anak, dan dorong ia untuk meraihnya. Kalau perlu,merangkaklah di samping anak. Setelah dia mulai bergerak ke sana ke mari, Anda harus menciptakan lingkungan rumah yang aman. Perhatikan potensi sumber bahaya atau cedera, termasuk colokan dan kabel listrik, furnitur dengan sudut tajam, kompor dan sumber panas lainnya.

KAPAN MENCARI BANTUAN:
Bayi memiliki gaya merangkak yang berbeda-beda, seperti merangkak mundur atau ngesot. Beberapa bahkan tidak melewati fase ini sama sekali.Tidak perlu khawatir. Tapi, waspadalah dan mulai mencari bantuan ketika anak tidak menunjukkan tanda-tanda mobilitas pada saat usianya 12 bulan.

Foto : Getty Images

 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Kapan Bayi Mulai Merangkak?