6 Perhatian Suami yang Buat Istri Merasa Berharga

perhatian suami kepada istri

Apa, sih, hal yang paling diharapkan istri dari suami? Ketika menjadi ibu, ada perubahan besar yang terjadi di dalam hidup seorang perempuan. ‘Membelah diri’ untuk menjalankan berbagai peran memang bukan hal yang mudah. Membagi waktu untuk anak, suami, dan dirinya sendiri juga bukan perkara enteng. Dalam banyak kasus, hal tersebut membuat Mama rentan mengalami stres.
 
Baca juga: 6 Penyebab Umum Stres yang Menimpa Mama
 
Peran suami yang sangat berkontribusi bagi istri dalam menjalankan perannya selain membantunya adalah dengan membuat istri merasa berharga. Sayangnya, tidak sedikit laki-laki yang tidak sadar bahwa hal yang terpenting di dalam rumah tangga adalah membuat istrinya—ibu dari anak-anaknya—bahagia. Sebab, kalau istri bahagia, maka rumah akan terasa hangat.
 
Susan Krauss Whitbourne, Ph.D., ABPP, profesor psikologi di University of Massachusetts Amherst, AS mengatakan bahwa dengan membuat pasangan merasa berharga, maka kepuasan dalam hubungan juga akan meningkat.
 
Tindakan apa yang membuat Mama merasa lebih berharga dalam kehidupan Papa?
 

1. Selalu Didengarkan Kekhawatirannya
Sikap suami yang selalu terbuka dan sangat ingin mendengar apa pun yang mengganggu istri adalah hal yang membuatnya tenang. Tidak ada kekhawatiran yang harusnya disepelekan.
 
Nah, masalahnya, sering kali laki-laki menganggap kekhawatiran perempuan terlalu berlebihan. Disebut ‘lebay’ lah, atau dibilang ‘baperan’ lah. Respons seperti inilah yang membuat istri merasa tidak dihargai. Hal tersebut sering terjadi lantaran perbedaan cara berpikir serta berkomunikasi laki-laki dan perempuan dalam sebuah hubungan. Padahal, harusnya suami bisa jadi tempat curhat ternyaman untuk istri
 

2. Bergabung dengan Aktivitas Favorit, Sekalipun Suami Kurang Suka
Anda sangat suka lari, sedangkan suami lebih menyukai bersepeda. Betapa Mama akan merasa berharga kalau suami mencoba bergabung sekali pun hanya satu kali seminggu. Anda bahkan mungkin menemukan bahwa Anda benar-benar menikmati menemani pasangan Anda dan sebaliknya.
 
Sport-Date Mama & Papa ternyata punya banyak manfaat, lho.
 

3. Jadi Orang yang Pertama Tahu Kabar Baik dari Suami
Perilaku berbagi kabar baik ini menunjukkan bahwa istri adalah orang yang paling berharga. Sekalipun kabar tersebut tampak sesepele mendapat pujian saat presentasi ke atasan. Jadi, bukan hanya bercerita jika sedang ada masalah saja.
 

4. Suami Selalu Melakukan Detail Kecil
Anda pasti merasa sangat bahagia jika suami mau meluangkan beberapa menit untuk mengurus hal-hal yang tampaknya kecil tetapi dapat membantu Anda, misalnya memanasi kendaraan sebelum Anda berangkat kerja atau belanja, mengisi botol air di pagi hari untuk Anda yang terburu-buru pergi, atau bahkan membantu menge-blow rambut Anda.
 
Baca juga: 4 Kesalahan yang Tidak Disadari Suami Sibuk
 

5. Mendorong Impian Anda
Tindakan suami yang membantu Anda lebih dekat, bukan lebih jauh, dari impian Anda tentu sangat diidamkan. Ia terus membantu kita, bahkan untuk impian yang menurutnya tidak terlalu penting seperti  membelikan atau bahkan menyiapkan makanan sehat saat Anda ingin menurunkan berat badan.
 
Baca juga: 5 Tanda Suami Idaman
 

6. Keahlian Spesial
Ada kalanya keahlian Anda dibutuhkan untuk memecahkan masalah Anda, apakah itu memperbaiki masalah di laptop, menjahit baju Anda yang robek, atau memasak makan malam terbaik. Waaah, kalau suami sudah mengeluarkan keahlian spesialnya, siapa, sih, yang tidak merasa berharga. Ya, kan?
 
Baca juga:
Untuk Papa: 7 Tip Menjadi Suami yang Lebih Baik
8 Pemicu Pertengkaran Suami-Istri Setelah Punya Anak
Tip Jadi Suami-Istri Mindful
 
 
LTF
FOTO: FREEPIK

 


Topic

#duniamama #selfcare

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

6 Perhatian Suami yang Buat Istri Merasa Berharga