7 Trik Membuat Konten Jualan yang Menarik

cara membuat konten jualan di media sosial


Konten media sosial, baik itu Instagram, Facebook, atau Tiktok adalah salah satu hal yang sangat penting Anda perhatikan dalam jualan online. Konten media sosial dapat menunjukkan image dari brand yang Anda jual. Oleh karenanya, banyak brand yang berlomba-lomba membuat konten online shop menarik.
 
Konten media sosial online shop Mama dapat meningkatkan brand awareness, jumlah follower maupun fan base, serta meningkatkan penjualan. Apa saja, ya, yang bisa Mama lakukan untuk membuat konten yang menarik bagi para audience?
 

1. Pakai Foto yang Kuat
Walaupun usaha kecil, akan tetapi jangan menyepelekan kekuatan foto dalam media sosial Mama. Jangan sampai berpikir, “yang penting ada fotonya aja, deh.” Tidak sedikit konsumen yang terpikat karena foto, lho.
 
Rolando L. Herrera, vice president Marketing di Insignia SEO, sebuah perusahaan SEO di Texas mengatakan bahwa foto yang indah, menggambarkan produk/jasa Anda dengan detail, atau berkarakter dapat meningkatkan insight di media sosial. Ia juga menyarankan Anda memilih foto yang menginspirasi audiens Anda serta memiliki konektivitas karakter dengan produk/jasa Anda. Sederhananya, nih, mereka akan merasa, “Waaah, ini aku banget,” saat melihat foto di konten media sosial Anda.
 
Baca juga: Sistem Pre Order, Alternatif Mulai Bisnis Modal Kecil
 

2. Lempar Pertanyaan, Apa Pun
Salah satu hal yang paling penting dari strategi pemasaran digital adalah interaktivitas. Sebab ini adalah karakter dari media sosial. Posisikan diri Anda sebagai komunikator dua arah. Pat Flynn, pendiri Smart Passive Income, sebuah perusahaan jasa konsultasi bisnis online menyarankan Anda untuk melibatkan audiens dengan bertanya. Menurutnya pertanyaan dapat memanfaatkan insight netizen untuk didengar. Tanya pendapat mereka, tentang apa pun, bisa lewat twit, story, atau caption. Ini juga bisa meningkatkan engagement rate media sosial Anda.
 

3. Buat Video
Cisco Visual Networking Index: Forecast and Trends 2017-2022 menunjukkan bahwa konten video sangat penting dalam pemasaran berbasis media sosial. Diperkirakan pada 2021, 82% traffic konsumen berasal dari konten video.
 
Nah, bila Anda belum membuatnya, Anda bisa memulainya. Ada beberapa format video yang bisa Anda gunakan, seperti tiktok, reels, video proses produksi, atau pun wawancara baik kepada ahli yang berkaitan dengan produk/jasa Anda  maupun testimoni dari konsumen, atau video tutorial.
 

4. Konten Bermanfaat
Isi konten Anda tak harus selalu unggahan tentang produk. Anda bisa memberikan konten bermanfaat yang sesuai dengan minat audiens Anda. Misalnya saja bila Anda berbisnis mainan serta buku bayi-balita, maka Anda bisa memberikan konten tentang manfaat membaca buku bagi bayi-balita atau ide bermain bersama anak.
 

5. Memanfaatkan Influencer
Hampir 40% pengguna media sosial melakukan pembelian karena melihat media sosial influencer. Influencer yang memiliki banyak pengikut dapat meningkatkan nilai serta keterjangkauan merek Anda.
 
Baca juga: Siap Jadi Momfluencer di 2021? Siapkan Peralatan Ini!
 

6. Membuat Giveaway
Menurut Rolando, salah satu metode efektif untuk mengarahkan audiens menjadi komunikator atau orang yang turut mempromosikan usaha Anda adalah dengan mencari cara kreatif seperti giveaway. Orang-orang menyukai barang gratis. Jadi, memegang mereka untuk mempromosikan akun media sosial Anda adalah cara tepat untuk menarik prospek yang berarti.
 

7. Review Konsumen
Salah satu kekuatan review konsumen adalah untuk membangun kredibilitas usaha Anda. Sebab, banyak konsumen yang ternyata mempercayai review lain yang ia baca di internet. Oleh karenanya, dorong pelanggan untuk meninggalkan review dan jangan lupa diunggah.
 
Semua konten menarik untuk online shop ini juga bisa dibarengi dengan personal branding Anda yang juga dikelola di media sosial. Selamat mencoba, Ma.
 
Baca juga:
7 Pantangan Mompreneur dalam Membangun Usahanya
6 Tip Mewujudkan Cita-cita Anda Menjadi Mompreneur
 
 
LTF
FOTO: FREEPIK

 


Topic

#duniamama #karier #keuangan #ibubekerja #mompreneur

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

7 Trik Membuat Konten Jualan yang Menarik