Siap Jadi Momfluencer di 2021? Siapkan Peralatan Ini!



 

Kehadiran internet memang semakin mempermudah hidup banyak orang, termasuk untuk urusan cari uang. Belakangan, semakin banyak para pengguna media sosial yang merasakan keuntungan dari rajin membagikan konten berupa foto dan video tutorial make up, review tentang skin care, hidup sehat, makanan sehat, dan juga parenting yang dianggap meng-influence banyak orang.

Tidak hanya menambah jumlah likes dan followers-nya, konten-konten dari para influencer tersebut juga mendatangkan keuntungan finansial ketika mereka mendapat endorsement atau pun kerja sama dengan brand tertentu. Nah, melihat hal ini, Anda juga bisa menjadikannya sebagai sebuah kesempatan.

Jika Anda sudah punya niat untuk jadi momfluencer sebagai resolusi tahun 2021, maka Anda harus membuat foto dan video yang Anda unggah semenarik mungkin. Tidak memungkiri, visual sangat penting nilainya di media sosial. Nah, apa saja yang perlu Anda persiapkan?


1. 
Kamera

Kamera adalah peralatan yang paling penting. Pilih kamera dan lensa dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan konten-konten Anda. Misal, bila Anda perlu menampilkan detail dari masakan, maka pilihlah lensa yang bisa memotret atau merekam makro. Tapi, bila Anda perlu merekam kegiatan bermain anak atau tip workout, lebih baik menggunakan lensa yang wide.

Tidak punya kamera? Tenang! Saat ini smart phone sudah dilengkapi dengan fitur kamera yang semakin canggih. Resolusi kamera ponsel terbaru kini sudah tinggi, bahkan untuk kamera depannya. Anda juga bisa mendapatkan hasil bokeh pada foto Anda lewat smart phone. Pemilihan angle dan pencahayaan yang pas, akan membuat foto lewat smart phone juga bagus, kok.

2. 
Tripod

Gambar yang stabil atau tidak goyang-goyang adalah syarat utama video yang nyaman ditonton. Untuk itu, Anda perlu menyiapkan tripod yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada berbagai jenis tripod yang bisa Anda beli, mulai dari tripod kamera DSLR yang lebih besar dan kokoh hingga beragam jenis tripod mini yang lebih handy dan murah harganya.

Bila Anda banyak membuat konten di meja rias, sebetulnya tripod mini sudah bisa memenuhi kebutuhan Anda. Di samping itu, untuk mengoperasikannya pun tidak terlalu ribet. Anda juga bisa menggunakannya tidak hanya untuk kamera, tapi juga untuk smart phone.

Nah, bila Anda membutuhkan konten dengan video yang lebih banyak gerak, misalnya untuk traveling, maka monopod lebih cocok. Bila belum punya monopod, tongsis pun juga tak apa, lho, Ma!

3. 
Lighting

Lighting sangat dibutuhkan untuk membuat foto maupun video Anda semakin cantik. Lighting berguna untuk membuat area pemotretan maupun shooting lebih terang agar hasil foto dan video tidak membayang. Di samping itu, foto dan video yang diambil di tempat yang kurang terang, kualitasnya biasanya kurang tajam. Hal ini bisa dilihat dari tampaknya titik-titik kecil ketika gambarnya di-zoom. Di samping itu, pengarahan lighting yang pas juga bisa berdampak pada suasana foto atau video yang sedang dibuat.

Ada beragam pilihan lampu kamera profesional, mulai dari lampu yang berwarna putih terang maupun yang kuning. Akan tetapi, ada salah satu jenis lighting yang banyak dipakai oleh selebgram maupun youtuber, yakni ring light yang menggunakan lampu jenis LED. Secara harga, Anda pun juga bisa lebih menghemat bila menjatuhkan pilihan pada ring light.

Belum punya alat-alat itu? Tak masalah! Masih ada cara lain bagi pemula untuk menghasilkan foto dan video yang oke. Anda bisa menggunakan lampu belajar atau lampu meja yang diposisikan dekat dengan objek yang akan difoto atau di-shooting. Satu cara yang banyak disarankan oleh selebgram lainnya adalah gunakan pencahayaan gratis alias matahari. Pintar-pintar cari spot dengan cahaya matahari yang terang dan angle yang pas akan membuat foto dan video Anda keren, kok.

4. Microphone

Selain kualitas visual, kualitas audio juga harus diperhatikan. Pernah nggak, sih, merasa tidak nyaman ketika menonton video yang suaranya terlalu kecil atau yang terlalu berisik?

Microphone akan sangat membantu memperjelas suara Anda dan meminimalisir noise atau ambience yang ada. Ada beberapa jenis microphone yang bisa digunakan, mulai dari microphone condenser atau clip on yang ukurannya kecil dan penggunaannya dilekatkan kepada pengguna.

Ada cara yang lebih mudah dan murah juga, Ma. Yakni menggunakan mic eksternal yang bisa dipasang di ponsel Android Anda.

5. 
Soft Box

Soft box adalah alat bantu di pemotretan atau shootng yang berfungsi membuat cahaya yang dihasilkan jadi lebih lembut. Bila Anda memang punya anggaran yang cukup, soft box bisa dimasukkan ke dalam daftar belanja agar hasil foto dan video semakin paripurna. Akan tetapi, bila tak ada pun, go ahead saja!

6. Komputer/Laptop

Gunakan perangkat ini untuk mengurasi foto dan video Mama serta melakukan editing. Gunakan software edit foto maupun video yang mudah dan praktis serta punya banyak fitur menarik.

7. Aplikasi Edit Foto atau Video di Ponsel

Ada kalanya, pembuat konten harus mengunggah foto atau video secara cepat. Maka, aplikasi edit di ponsel menjadi sangat penting. Pilih aplikasi edit foto dan video yang punya banyak fitur, ya.

8. Background

Nah, foto dan video yang bagus tentu butuh spot yang bagus juga, kan. Anda bisa memanfaatkan setiap sudut rumah yang instagramable untuk dijadikan spot.

Tapi, Anda juga bisa membuatnya sendiri. Ada beragam cara kreatif untuk membuat background foto dan video yang bagus. Salah satu cara termudah adalah dengan memasang kain berbahan muslin, tulle, atau kanvas. Anda juga bisa menggunakan wallpaper. Pasang juga berbagai pernak-pernik yang menarik.

9. Photo Studio Mini Box Lipat

Ada, kok, cara mudah untuk mendapatkan foto detail yang bagus. Photo Studio Mini Box jawabannya! Box lipat ini berbentuk kubus dengan bagian terbuka di bagian depannya sehingga menyerupai studio dalam bentuk mini. Anda bisa memposisikan lighting di bagian yang Anda inginkan. Anda bisa mendapatkannya di e-commerce.

10. Alas Foto

Ada kalanya, Anda perlu foto produk. Nah, untuk mendapatkan hasil yang menarik, gunakan alas yang sesuai dengan karakter Anda. Beberapa bahan alas yang sering digunakan antara lain adalah karpet bulu rasfur. Anda juga bisa, kok, memakai kain putih atau warna-warni, kain motif etnik, atau bahkan anyaman eceng gondok sebagai alas. Bisa juga menggunakan talenan sebagai alas foto makanan. Atau, bisa main ke taman depan dan manfaatkan rumput atau daun sebagai alas foto produk Anda.

11. Properti

Gambar jadi lebih hidup bila disertai dengan properti, misalnya saja bunga kering, peralatan makan, buku, dan lain sebagainya. Rajin-rajin mencari properti ya, Ma. Pasti seru hasilnya!

12. Buku dan Web Terpercaya

Menjadi momfluencer, harus bisa membagikan konten yang dapat dipercaya. Untuk membuat konten terpercaya, Anda harus rajin membaca buku atau mengunjungi konten-konten web terpercaya. Jangan membuat konten asal-asalan, ya. Walaupun foto dan video bagus, tetap kurang bila kontennya tidak bisa menambah informasi maupun menginspirasi orang lain.
 


Semua peralatan di atas terlalu banyak dan membutuhkan uang lebih? Jangan urungkan niat Anda, Ma. Cukup sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Nggak perlu dibeli semua. Yang penting, bulatkan tekat, Anda pasti bisa! Selamat mencoba, Ma!
 


Baca juga:

Mau Jadi Momfluencer, Bangun Personal Branding Dulu!

Ciptakan Personal Branding untuk Tingkatkan Bisnis

Pentingnya Personal Branding di Media Sosial untuk Mama
 


LELA LATIFA

FOTO: FREEPIK

 


 


 


 


 


 


 

 

 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Siap Jadi Momfluencer di 2021? Siapkan Peralatan Ini!

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia