Gardening Hobby’s Starter Pack a la Ersa Mayori


 

Hobi menanam dan berkebun sedang sangat diminati. Ya, aktivitas ini bisa jadi salah satu hiburan saat #dirumahsaja, seperti yang dilakukan oleh Ersa Mayori. Mengaku tertarik pada tanaman sejak tiga tahun lalu, ia sebenarnya lebih banyak menyerahkan perawatan tanaman-tanamannya pada orang lain. Akan tetapi, pandemi ini membuatnya lebih memerhatikan dan menikmati tanaman serta langsung turun merawat “anak-anak hijaunya”.
 
Kini, ia di rumah tidak hanya punya tanaman khas urban seperti monster saja. Ersa mulai menanam tanaman bumbu dapur seperti rosemary dan cilantro. “Suamiku suka barbeque-an. Kadang butuh rosemary dikit. Sementara, itu bahan-bahan, harus beli seikat,” ujarnya menjelaskan alasannya mulai belajar menanam herba. “Masih belajar, sih,” ungkapnya.
 
Ersa membagikan informasi tentang apa saja yang harus dimiliki bagi Anda yang hendak menjalani hobi berkebun:

  • Sekop

Ini adalah peralatan wajib yang harus dimiliki

  • Sarung tangan

“Buat kalau nggak mau kotor,” ujarnya.

  • Stok pot berbagai ukuran

Ersa menjelaskan bahwa ini berfungsi untuk memindahkan tanaman apabila ukurannya sudah semakin besar atau bila harus memindahkan tunas baru.

  • Alas bercocok tanam

Menurut Ersa, ini bukanlah perlengkapan wajib. “Kalau saya sukanya langsung ngampar aja di rumput,” tuturnya.

  • Media tanam siap pakai

Pilihlah yang berkualitas baik
 
Anda juga bisa menyediakan pupuk. Akan tetapi, Ersa juga punya tip menarik. Ia memanfaatkan daun-daun pohon di rumahnya yang gugur untuk dijadikan kompos.
 

Ersa juga punya beberapa tip untuk memilih tanaman:

  • Cari informasi tentang tanaman

Sering kali saat hendak membeli tanaman, yang kita bayangkan adalah bahwa tanaman tersebut akan sangat cocok bila diletakkan di salah satu sudut rumah kita. “Mikirnya dibalik. Tanaman itu butuh apa dulu.” kata Ersa.
 
Ersa berpendapat bahwa lebih penting untuk memikirkan kebutuhan tanaman seperti kebutuhan akan cahaya atau sirkulasi udara terlebih dahulu sebelum ditata. Jangan sampai kita meletakkan satu tanaman di tempat yang salah di mana kebutuhannya tidak dapat terpenuhi. Akhirnya, menanam pun tak akan berhasil.

  • Cermat memilih penjual tanaman online

Di masa pandemi ini, membeli tanaman online jadi salah satu pilihan. Akan tetapi, Ersa berpesan, “Kalau mau beli online, pastikan yang mau kita beli adalah real picture dari yang mau kita beli.” Pesan ini berlaku terutama bagi Anda yang akan membeli di e-commerce. “Jangan sampai, sudah keluar uang, apa lagi harga tanaman sekarang lagi melambung, tahu-tahu pas sudah datang amsyong,” celetuknya.
 
Nah, bagaimana Mama, Papa? Tertarik menekuni hobi ini? Mulai saja dulu.
 
 
Baca juga:
4 Manfaat Berkebun Bagi Anda yang Perfeksionis
Balita Juga Bisa Berkebun
Berkebun Sesuai Usia Anak
Ajak Anak Berkebun
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: UNSPLASH, INSTAGRAM @ERSAMAYORI
 

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

Gardening Hobby’s Starter Pack a la Ersa Mayori

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia