3 Tempat Wisata Alam untuk Anak

Sesekali, saat akhir pekan tiba, coba ajak anak mengenal alam lebih dekat. Tak kalah serunya, kok, dengan bermain di playground atau mal. Anak bisa bereksplorasi dengan alam sekitarnya, sambil menghirup udara yang segar dan bersih. Anda bisa mengajak si kecil ke tiga tempat ini:

Taman Hutan Raya Juanda
Terkenal dengan sebutan Tahura, kawasan ini merupakan area konservasi alam di Bandung, Jawa Barat. Karena area yang luas (dari Dago Pakar sampai Maribaya Lembang), terdapat beberapa pilihan pintu masuk. Jalur Dago paling populer, karena kondisi jalan yang bagus dan mudah diakses. Anda akan disambut oleh deretan hutan pinus dengan udara yang sejuk. Nah, ada beberapa spot wisata yang bisa dinikmati. Untuk penyuka sejarah, bisa mengunjungi Goa Jepang dan Goa Belanda yang dulu digunakan sebagai markas militer. Hirup udara bersih dan segar ketika berjalan-jalan di jalur khusus pejalan kaki. Si kecil juga bisa berinteraksi dengan rusa tutul cantik di penangkaran. Penyuka tantangan bisa coba menaiki hammock di ketinggian pohon-pohon pinus. Meski tinggi, ini cukup aman kok, karena ada tali pengaman dan ditemani kakak pembimbing. Karena area jelajah cukup luas, bawa peralatan basic si kecil, seperti pakaian ganti, air minum dan camilan. Jika membawa balita, ada baiknya membawa stroller agar ia tidak kelelahan.

Alamat: Kampung Pakar, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Bandung

Baca juga: Tip Ajak Anak Berkemah di Alam

 
Kebun Raya Cibodas
Kebun Raya Cibodas memang bukan destinasi wisata baru, tapi keindahan tempat ini pasti membuat Anda dan keluarga ingin kembali lagi. Ribuan jenis pepohonan menjadi koleksi Kebun Raya yang termasuk Botanical Garden ini. Rumah kaca (green house) termasuk spot favorit, di dalamnya tersimpan berbagai jenis kaktus, anggrek, dan tanaman langka yang jumlahnya mencapai ratusan. Selain itu, masih ada air terjun Cibodas, sungai, lokasi lansekap, air mancur, danau, dan kebun sakura. Tidak setiap waktu bunga sakura mekar. Taman ditata ala Japanese style, terdapat empat jenis pohon sakura yang akan bermekaran di bulan Januari hingga Februari. Tapi, salah satu jenis, yaitu Prunus Cerasoides bisa berbunga di bulan Juli-Agustus. Lelah berjalan kaki? Anda juga bisa menyusuri taman dengan berkuda.

Alamat: Jl. Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Cipanas.
Taman Nasional Gunung Halimun/Gunung Bunder
Yuk, jelajahi kerimbunan hutan pinus dan macam-macam curug/ air terjun dalam udara sejuk dan segar. Sebelum mencapai tempat ini, Anda akan melewati desa dan pemandangan asri seperti sawah, pegunungan dan sungai. Di dalam kawasan Gunung Bunder juga tersedia fasilitas outbond, penginapan berupa resort atau vila. Ada cukup banyak air terjun, yang terdekat dari pintu masuk adalah Curug Cihurang, berukuran paling kecil dengan debit air tidak terlalu besar. Anak-anak bisa bermain air di kolam. Camping ground juga ada di dekat Curug Cihurang. Bawa jas hujan dan payung karena hujan bisa turun kapan saja. Pastikan cukup bekal makanan dan minuman, tak ada penjual makanan di sini.

Alamat: Jl. Raya Cipanas, Kec. Kabandungan, Malasari, Nanggung, Sukabumi.

Baca juga: Menikmati Alam di Tengah Kesibukan

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia