Berhenti Merokok Bikin Papa Gemuk?

laki-laki menggemuks etelah berhenti merokok


Beberapa teman menceritakan pengalaman mengalami peningkatan berat badan setelah memutuskan berhenti merokok. “Jadi lebih gemuk, kan?” ujarnya sambil menunjuk area perut. Apa, ya, yang menyebabkan tubuh rentan menjadi lebih gemuk ketika berhenti merokok?
 
Terry Martin, pengelola Delphi Smoking Cessation Forum yang membantu orang-orang mengatasi kecanduan nikotin mengatakan bahwa peningkatan berat badan memang kerap menyertai proses lepas dari rokok. Ia menyebut bahwa beberapa bulan pertama seseorang berhenti merokok, berat badannya biasanya meningkat sekitar 2,2 kg hingga 4,5 kg.
 
Mengapa demikian? Ia menjelaskan bahwa merokok dapat membakar kalori sebanyak 200 kal dalam perokok berat. Jumlah tersebut tentu bergantung pada jumlah konsumsi rokok seseorang pula. Nah, karena merokok juga membakar kalori, Terry menjelaskan bahwa hal itu dapat membantu meningkatkan metabolisme.
 
Nafsu Makan Meningkat Setelah Tidak Merokok
Penyebab umum lain dari peningkatan berat badan setelah tidak merokok adalah karena nikotin dapat menekan nafsu makan. Terry menjelaskan bahwa perokok sering ‘mengganjal’ perut atau mengganti camilan dengan rokok. Sementara, nikotin dapat menggangu pelepasan hormon insulin yang berfungsi membantu penyerapan glukosa ke dalam sel-sel tubuh untuk mengendalikan gula darah. Ketika fungsi ini diblokir, tubuh dan otak akan memperlambat sinyal lain yang memicu rasa lapar.
 
“Berhenti merokok membuat tubuh kita mengalami shock awalnya. Meningkatkan nafsu makan adalah efek samping dari berhenti merokok bagi kebanyakan orang,” ujar Terry.
 
Ia menyebut bahwa dorongan untuk tidak merokok di awal sering membuat seseorang tidak nyaman. “Sebagian besar dari kita merasa kehilangan aksi tangan-ke-mulut untuk merokok, dan makanan sering tampak seperti pengganti yang wajar,” katanya.
 
Baca juga: Cara Menghentikan Emotional Eating
 
Kenapa pelepasannya ke makanan? Terry menjelaskan bahwa nikotin dan makanan dapat melepaskan hormon dopamin. Sehingga, otak akan mencari pengganti untuk meningkatkan mood dengan makanan.
 
Apakah Sehat?
Lalu, apakah penambahan nafsu makan tersebut yang disertai dengan peningkatan berat badan membawa dampak baik? Tidak sedikit orang yang khawatir akan berbagai penyakit ketika berat badannya tidak ideal.
 
Terry mengatakan, “Memahami apa yang terjadi pada tubuh kita saat kita berhenti merokok dan apa yang bisa kita lakukan untuk meringankan ketidaknyamanan dalam cara-cara yang konstruktif akan membantu kita tetap di jalur dan menjaga berat badan minimal.” Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar proses ‘lepas rokok’ menjadi benar-benar lebih sehat:
 

  • Pilihlah Camilan Substitusi yang Tepat
Menurut Terry, peningkatan nafsu makan ini adalah hal yang baik karena ketika Anda memilih makanan pengganti nikotin dengan tepat, maka tubuh akan lebih sehat juga. Jika selama ini, saat lapar, Anda mengganjalnya dengan rokok, gantilah dengan makanan sehat yang juga dapat meningkatkan metabolisme seperti buah, biji-bijian. Minum air juga memberi sensasi kenyang. Anda juga bisa memilih yogurt rendah lemak atau membuat cokelat yang dikombinasikan dengan susu tanpa lemak.
 
Baca juga: 8 Buah Terbaik untuk Diet
 
  • Menjaga Pola Makan
Nah, selain mensubstitusi rokok dengan camilan yang lebih sehat, Anda juga harus tetap menjaga pola makan (frekuensi dan porsi). Terry mengatakan, “Jika kebiasaan Anda makan tetap sama seperti ketika Anda merokok, berat badan semestinya kembali dalam beberapa bulan.”
 
  • Membahkan Olahraga dalam Rutinitas Harian
Peluang Turunkan Berat Badan dengan 10.000 Langkah Per Hari, bersepeda, lari dapat membantu mempercepat penurunan berat badan atau bahkan mungkin menghindari sama sekali. Lakukanlah lima kali seminggu. Sama seperti nikotin, olahraga juga dapat menghasilkan hormon dopamin yang dapat membuat tubuh lebih bugar.
 
Baca juga: Panduan Pilih Sepatu Olahraga Lari
 
 
Baca juga:
Bahaya Jadi Perokok Pasif Saat Hamil
Senangnya Jadi Ayah
4 Langkah Mudah Berhenti Merokok
6 Tanda Jantung Anda Bermasalah
Serba-Serbi Kanker Kolorektal yang Rawan Menimpa Laki-laki
 
LTF
FOTO: FREEPIK

 


Topic

#keluarga #kesehatan

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Berhenti Merokok Bikin Papa Gemuk?