Angket Izinkan Anak Masuk Sekolah Januari 2021



 

Kebijakan pemerintah untuk kembali membuka sekolah pada Januari 2021 menuai polemik. Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sendiri berpendapat bahwa kebijakan ini diambil lantaran banyaknya permintaan dari pemerintah daerah. Nadiem menyebut bahwa sekalipun sudah berjalan cukup panjang, masih ada beberapa daerah dengan tingkat infeksi COVID-19 rendah yang kesulitan melakukan pembelajaran jarak jauh lantaran tidak memadainya infrastruktur digital yang dimiliki oleh sekolah dan siswa.
 

Oleh karena itu, kebijakan kembali membuka sekolah diserahkan pada pemerintah daerah. Bila Pemerintah Daerah/Kantor Wilayah (Kanwil)/Kantor Kementerian Agama mengizinkan sekolah tatap muka dan sekolah sudah memenuhi berbagai daftar periksa yang telah ditentukan seperti tersedianya sarana sanitasi, alat pengukur suhu tubuh, dan akses ke fasilitas kesehatan, maka sekolah bisa dibuka kembali.
 

Akan tetapi, di luar sana banyak juga orang tua yang masih khawatir bila sekolah harus kembali dibuka. Menjawab keresahan orang tua tersebut, Nadiem mengatakan bahwa keputusan akhir apakah anak akan mengikuti sekolah tatap muka atau tidak tetap ada di tangan orang tua sendiri. Nadiem menegaskan, “Orang tua memiliki hak penuh untuk menentukan.” Ia menambahkan, “Bagi orang tua yang tidak menyetujui anaknya melakukan pembelajaran tatap muka, peserta didik dapat melanjutkan pembelajaran dari rumah secara penuh.”
 

Sehingga, walaupun Pemerintah Daerah sudah menyatakan sekolah sudah bisa dibuka, anak-anak tetap bisa tidak pergi ke sekolah bila tidak mendapat izin dari orang tuanya. Oleh karenanya, walaupun sudah kembali dilakukan sekolah tatap muka, pihak sekolah juga tetap harus menyediakan fasilitas belajar daring bagi siswa yang tidak mendapat izin orang tua untuk pergi ke sekolah.
 

Orang tua atau wali murid sendiri bisa memberikan izin atau tidak bagi anaknya, melalui komite sekolah. Nah, menanggapi Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri ini, beberapa sekolah sudah mengeluarkan angket yang dibagikan kepada seluruh orang tua yang berisi pernyataan pemberian izin atau tidak bagi anaknya untuk mengikuti sekolah tatap muka pada Januari 2021.
 

Kalau Anda sendiri bagaimana, Ma, Pa? Akankah mengizinkan si kecil ikut sekolah tatap muka atau tetap mempertahankan sekolah daring? Apakah sekolah si kecil sudah membagikan angket serupa?

 

Baca juga:

Saran IDAI untuk Orang Tua Jelang Sekolah Dibuka 2021

Januari 2021 Sekolah Tatap Muka, Apa Aturannya?

Rekomendasi Perangkat Sekolah Selama Belajar dari Rumah

Bersekolah di Era New Normal, Ini Penjelasan Kemendikbud

Grafik Belum Landai, Kapan Anak-anak Kembali Sekolah?

 

(LELA LATIFA)

FOTO: FREEPIK

 

 

 

 


Topic

#corona #coronavirus #covid19 #covid-19

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Angket Izinkan Anak Masuk Sekolah Januari 2021

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia