Asah Otak Anak Lewat Belajar 'Coding'



Coding
alias bahasa pemrograman yang mulai banyak diajarkan di sekolah-sekolah dasar. Bahasa ini bukan digunakan untuk mengobrol dengan orang lain, melainkan sebuah cara bagi seseorang untuk berkomunikasi dengan komputer. Namun, mempelajari coding ternyata sangat berguna  untuk membuat situs, aplikasi telepon genggam, menganalisis data, membangun bisnis internet, dan masih banyak lagi.

Apa yang Dipelajari?
Di usia sekolah dasar, mempelajari coding tentu dimulai dari yang mudah dulu. Menurut Okky Permatasari, seorang trainer dari Cody’s App Academy, ada beberapa tahapan di mana masing-masing memiliki target tersendiri. Agar menarik, anak akan diajak untuk membuat games sendiri. Sebagai pengenalan, ia akan belajar algoritma dasar untuk membuat animasi sederhana. Kemudian, di tahap selanjutnya ia akan belajar transformasi sehingga karakter dalam games terlihat lebih menarik. Setelah itu, ia akan belajar membuat fungsi yang lebih interaktif dari karakter tersebut. Hingga akhirnya ia dapat membuat games yang diinginkan.

Umur Berapa Anak Dapat Mulai Belajar Coding?
Sebenarnya tak ada syarat khusus untuk mulai belajar bahasa pemrograman ini. Bila anak terbiasa dengan gadget, sudah bisa membaca, dan memiliki minat membuat games, ia dapat mulai belajar coding. Tak perlu khawatir apakah anak harus pandai matematika untuk bisa mulai belajar, karena semua akan diberikan secara bertahap.

Apa Manfaatnya?
> Mengasah kreativitas. Anak dapat membuat games berdasarkan gambar yang dibuatnya sendiri. Ia akan terpacu untuk membuat karya yang kreatif.

> Melatih problem-solving. Games dengan bahasa pemrograman visual akan melatih logika dan konsep si kecil sehingga ia terbiasa untuk memecahka masalah secara sistematis.

> Fasih menggunakan teknologi. Tak sekadar mengerti cara memainkan aplikasi di smartphone (menjadi konsumen), anak pun dapat membuatnya sendiri (menjadi produsen).

Berapa Kisaran Biaya yang Dibutuhkan?
Biaya yang dibutuhan untuk kursus coding ini bervariasi, mulai dari Rp 350.000 per bulan (untuk 4 sesi) untuk anak kelas 1-3 SD, hingga Rp 600.000 per bulan untuk anak kelas 3-6 SD.

Di Mana Tempat Belajar Coding?

CODY’S APP ACADEMY
Bintaro Entertainment Center
Jl. Rasuna Said kav. B7/A5-08, Sektor 7 CBD Bintaro Jaya
www.codyappacademy.com
Telp. 082213900250

CODING INDONESIA
Lantai 2 Plaza Kemang 88
Jl. Kemang Raya, Mampang Prapatan, Jakarta
www.codingcamp.id
Facebook: Coding Indonesia

CLEVIO CODER CAMP
Bukit Golf Cibubur, Riverside 1
Blok A7/25 Gunung Putri, Jawa Barat
www.clevio.co
Telp. 08121260444


Foto : Fotosearch

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Asah Otak Anak Lewat Belajar 'Coding'