Gaya Belajar Anak

bagaimana memahami gaya belajar anak


Setiap manusia memiliki caranya sendiri untuk dapat memahami suatu informasi atau pengetahuan baru. Hal itu biasa disebut dengan gaya belajar. Pada umumnya, ada 3 jenis gaya belajar, yaitu:
 

 
Yang perlu Anda ingat pertama kali, kata ‘belajar’ bukan hanya terbatas pada kegiatan belajar di sekolah saja. Setiap kali kita berusaha untuk memahami suatu informasi, maka kita akan menggunakan gaya tertentu untuk memahaminya.

Terkait dengan anak, ada baiknya Anda mencari tahu dan mengenali gaya belajarnya, supaya dapat membantu mereka belajar dan memahami suatu informasi dengan lebih efektif. Biasanya, gaya belajar anak mulai terlihat cukup jelas dan konsisten pada usia di atas 3 tahun. Pada saat itu, anak mulai menunjukkan cara belajarnya yang efektif, karena rentang perhatiannya sudah berkembang cukup baik dan fungsi-fungsi penunjang belajar lainnya, seperti kemampuan motorik dan postur tubuh, juga sudah berkembang siap untuk mengolah informasi. Orang tua dapat mengamati dari kegiatan anak sehari-hari, terutama bagaimana anak menerima informasi baru, mengingat, dan memahaminya.
 
Baca juga: Kuis Mengenali Gaya Belajar Anak

Biasanya, anak akan menunjukkan satu gaya belajar yang dominan. Artinya, ia akan lebih efektif menggunakan gaya belajar tersebut untuk dapat memahami pengetahuan atau menguasai keterampilan.
 
Apakah ada kemungkinan berubah gaya belajar? Tentu saja bisa. Seiring dengan perkembangan dan pengalaman yang didapat oleh anak, sangat mungkin anak mendapatkan cara yang dirasakannya lebih efektif dan nyaman dalam mempelajari sesuatu. Tapi, tenang saja, perubahan gaya belajar tidak akan berubah dalam waktu semalam. Yang penting juga diperhatikan bahwa anak mendapat kesempatan yang sama untuk mengalami belajar dengan menggunakan berbagai gaya.
 
Bagaimana dengan di sekolah? Idealnya anak mendapatkan kesempatan untuk menerima informasi sesuai dengan gaya belajarnya. Tapi, jangan khawatir, Tuhan menciptakan manusia sebagai makhluk yang paling sempurna, yang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan tempatnya berada. Anak tetap dapat belajar meskipun metodenya tidak tepat dengan gaya belajarnya. Walau mungkin kurang efektif, materi pelajaran tetap ada yang diserap, tetap ada yang dipahami. Tak mengapa, Ma, tak perlu terlalu khawatir atau berusaha keras memasukkan anak ke sekolah yang metodenya sesuai gaya belajar anak, karena belajar bukan hanya di sekolah.

Di rumah, orang tua dapat memfasilitasi gaya belajar anak dengan membantunya mengenali gaya belajarnya dan menerapkannya untuk memproses informasi. Orang tua juga dapat membantu mengubah materi sehingga sesuai dengan gaya belajar anak. Sudah tidak zamannya lagi yang namanya belajar itu adalah duduk tenang berjam-jam di meja. Banyak sumber belajar di sekitar kita yang dapat digunakan sesuai dengan gaya belajar anak.
 
Baca juga: Tip agar Anak Cepat Paham dan Happy saat Belajar

Anak dengan gaya belajar audio, misalnya, dapat merekam suaranya sendiri dengan perangkat elektronik yang dimiliki ketika membaca suatu bahan pelajaran. Kelebihannya, materi ini bisa diputar ulang kapan pun diperlukan.
 
Anak dengan gaya belajar kinestetik dapat belajar dengan membuat ringkasan, lebih menarik dengan menggunakan fitur mind map di komputer tablet, misalnya.
 
Anak dengan gaya belajar visual, yang relatif terakomodasi dengan gaya belajar konvensional, dapat membuat belajarnya lebih menarik dengan berbagai warna dan grafik yang menawan. Lebih jauh, Anda bisa mendapat informasi di artikel Bila Anak Memiliki Kecerdasan Visual.
 
Mungkin di masa pandemi saat ini Anda merasa kewalahan dalam mengurus anak-anak di rumah, termasuk masalah sekolah. Tapi, sisi terangnya, jadikan ini momen Anda mengenali gaya belajar anak dan membantunya efektif dalam belajar serta mengoptimalkan perkembangannya.
 
Baca juga:
Anak dengan Kecerdasan Visual-Spasial, Bagaimana Cara Mengoptimalkannya?
Rangsang Audio Visual Picu Pubertas Dini
Biarkan Anak Belajar dari Kesalahannya
Cara Menghindari Kesalahan dalam Mendampingi Anak Belajar


 


Topic

#usiasekolah #parenting #pendidikan #sekolah #belajardarirumah

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Gaya Belajar Anak