Jantung Sehat Berkat Menyusui

Selain penuh manfaat kesehatan bagi bayi, ternyata juga meningkatkan kesehatan mama karena membantu mengurangi risiko sakit jantung, hipertensi, diabetes dan kolesterol tinggi.

Eleanor Bimla Schwarz, professor ilmu kedokteran di University of California, Davis, AS, melakukan riset mengenai dampak menyusui dan risiko penyakit kardiovaskular terhadap kurang-lebih 140.000 perempuan. Para partisipan penelitian diikutsertakan dalam Women’s Health Initiative, penelitian yang ditujukan untuk mengetahui pengaruh riwayat keluarga, gaya hidup dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi status kesehatan perempuan.

Setiap perempuan yang diteliti Prof. Schwarz memiliki setidaknya satu anak yang sehat dan telah lewat usia reproduktif. Hasil penelitian menunjukkan makin lama masa menyusui seorang perempuan maka risiko menderita sakit jantung juga makin rendah.

Mama yang menyusui selama 7-12 bulan juga berkurang risikonya menderita hipertensi, diabetes dan kolesterol tinggi – terlepas dari faktor ras, penghasilan, tingkat pendidikan dan faktor sosioekomi lainnya. Penelitiannya terhadap 2233 perempuan yang masa menyusuinya kurang dari 1 bulan menunjukkan bahwa kemlompok tersebut lebih tinggi risikonya menderita diabetes.



Photo : Getty Images

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia