Hadapi Anak Suka Mengatur

Amy merasa kesal karena putrinya, Brandon (4) sering bertingkah bossy pada teman-temannya dan bahkan pada pengasuhnya di rumah. “Saya tak tahu ia mendapat contoh dari siapa karena sepengetahuan saya, kami di rumah tidak ada yang bersikap begitu,” ungkap Amy bingung. Kenyataanya, beberapa anak memang terlahir dengan karakter senang mengatur.

Biasanya, anak tipe ini mudah terbawa suasana saat sedang bermain atau belajar bersama. Hati-hati, jika Anda ­ingin mengintervensi saat terjadi gesekan dengan temannya. “Sikap yang terlalu berpihak akan membuat anak semakin keras kepala,” ungkap Claire Lerner, spesialis perkembangan anak di Zero to Three. Berikut beberapa tip menghadapinya:

- Pahami persoalan yang muncul. Jangan memutuskan apapun sebelum Anda bertanya padanya dan juga temannya mengenai apa sebenarnya yang sedang terjadi.

- Jadilah pemberi solusi, bukan pendisiplin. Mungkin sekali Anda merasa kesal dengan sikapnya, namun memarahi atau mengomeli anak di depan temannya juga tidak akan membantu menyelesaikan masalah.

- Ajak ia memikirkan pemecahannya. Awali dengan pendekatan, “Wah, sepertinya kalian sedang asyik bermain, ya?”, lalu mulailah mengajak anak untuk berempati pada temannya, ”Mama lihat tadi kamu ingin temanmu melakukan ini ya, sedangkan temanmu juga ingin kamu melakukan itu. Hmm... bagaimana ya sebaiknya?” Ajukan kemungkinan agar mereka saling bergantian mengikuti keinginan satu sama lain.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia