6 Referensi Kreatif untuk Menjelaskan Virus Corona pada Anak-anak


 

Saat ini virus corona tidak hanya menjadi bahan perbincangan orang dewasa. Anak-anak pun juga ingin tahu tentang virus corona dan penyakit yang disebabkannya. Untuk menjawab rasa penasaran anak-anak, menjaga mereka tetap tenang, serta mengedukasi upaya pencegahan, menggunakan gambar atau video menjadi salah satu cara yang mudah. Anak-anak lebih tertarik pada gambar dan akan lebih mudah memahaminya.
 
Berikut ini kami membagikan beberapa referensi yang bisa Anda gunakan untuk menjelaskan tentang virus corona pada anak-anak.
 
1. Cerita Si Korona
Salah satu penulis buku cerita anak-anak, Watiek Ideo yang telah mengeluarkan buku Aku Anak yang Berani, Bisa Melindungi Diri Sendiri, dan serial Ayo Bersikap Baik, bekerja sama dengan ilustrator Luluk Nailufar membuat cerita bergambar berjudul Cerita Si Korona untuk menjelaskan apa itu corona, bagaimana cara penularannya, dan bagaimana cara mencegahnya yang dikeluarkan di media sosial. Cerita bergambar ini juga dibagikan oleh Sahabat Keluarga Kemdikbud.



2. UNICEF Child Book Corona Virus

UNICEF juga mengeluarkan buku bergambar sejumlah 12 halaman untuk menjelaskan tentang virus corona pada anak-anak. Buku ini sudah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia. Di sini, anak-anak diajak untuk tidak cemas lantaran melihat orang tuanya panik saat melihat berita tentang virus corona dan mengajarkan apa yang bisa dilakukan untuk mencegah.





3. Just For Kids: A Comic Exploring The New Coronavirus

National Public Radio (NPR) mengeluarkan komik pendek karya Malaka Gharib, editor NPR, penulis, dan ilustrator. Komik ini berasal dari wawancara reporter pendidikan NPR, Cory Turner dengan beberapa ahli dari University of Illinois School of Social Work, LSU Health Sciences Center di New Orleans, dan National Institute of Mental Health.
 
Komik ini berisi apa yang mungkin ingin diketahui anak-anak tentang virus corona. Komik ini bisa Anda cetak dan lipat sendiri. Berikut link komik tersebut https://www.npr.org/sections/goatsandsoda/2020/02/28/809580453/just-for-kids-a-comic-exploring-the-new-coronavirus






4. The dr. Binocs Show

Kanal YouTube Peekaboo Kidz mengeluarkan video tentang apa itu virus corona, asalnya, bagaimana ia bisa ditularkan, maupun gejala orang yang tertular dalam durasi 6 menit 34 detik. Anak-anak dapat melihat ilustrasi dan penjelasan yang diberikan oleh dr. Binocs. Video bisa didapat di tautan berikut https://www.youtube.com/watch?v=R-JbDMYmAQM


5. The Little Corona King

Seorang ibu bernama Ellie Jaskson membuat sebuah e-book yang bertujuan menghilangkan ketakutan anak-anak seputar berita tentang virus corona.  Ellie berkata, “Buku ini menggunakan kisah yang lembut untuk membantu menjelaskan virus corona kepada anak-anak dan orang tua atau wali mereka. Ini memberikan saran praktis tentang penanganan penyakit dan mencegah penyebarannya, tanpa membuat anak-anak ketakutan atau kesal.”





 

6. Kids, Vaayu & Corona: Who Wins The Fight?

Pemerintah India mengeluarkan komik dengan tokoh superhero bernama Vaayu yang bertugas untuk kesehatan publik dan lingkungan yang lebih baik. Di komik ini Vayu menjelaskan pada anak-anak tentang apa itu corona, cara penularannya, dan juga cara pencegahannya. Anda bisa mendapatkan komik berbahasa Inggris tersebut di https://www.mohfw.gov.in/Corona_comic_PGI.pdf .







Baca juga:
Mengelola Ketakutan Anak-Anak tentang Corona
8 Pesan IDAI untuk Melindungi Anak-Anak dari COVID-19
Perbedaan Gejala Flu, Pilek, dan COVID-19
Makna 9 Istilah yang Sering Muncul tentang COVID-19
Cara Mencegah Tertular Virus Corona
 
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: FREEPIK
 

 


Topic

#corona #coronavirus #covid19 #viruscorona

 





Video

Behind The Scene - Cover Parenting Indonesia Agustus 2017


Polling

6 Referensi Kreatif untuk Menjelaskan Virus Corona pada Anak-anak

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia