Amplop Lebaran untuk Anak-anak, Jangan Berikan Cuma-cuma



Salah satu kebiasaan yang kita warisi dari Lebaran adalah membagi-bagikan amplop untuk anak-anak kecil di dalam keluarga. Sebut saja dengan THR untuk anak. Ayo mengaku, saat masih kecil, apakah Mama dan Papa juga selalu menunggu-nunggu amplop dari Paman, Bibi, atau Kakek, Nenek? Anak-anak mungkin juga!

 

Tidak Ada yang Cuma-cuma di Dunia Ini

Anda perlu menyampaikan tentang mengapa ia pantas atau berhak menerima uang tersebut. Salah satu alasan yang bisa Anda sampaikan kepadanya adalah karena mereka sudah melakukan sesuatu yang baik selama bulan Ramadan. Dengan begini, anak-anak akan dapat menilai bahwa uang menjadi salah satu bentuk apresiasi Anda atas upayanya. Di samping itu, Anda juga mengajarkan bahwa tidak ada hal di dunia ini yang cuma-cuma
 

Berikan Juga Celengan/Buku Rekening

Saat memberikan amplop, Anda juga bisa menyertai pemberian tersebut dengan sebuah celengan atau bahkan buku rekening. Anda bisa menjelaskan bahwa uang yang saat ini Anda berikan adalah penghasilan tambahan selain uang sakunya sehari-hari. Anda bisa mengajarkan si kecil prinsip pengelolaan uang dari sini.

Ajarkan ia untuk tidak serta merta menghabiskan semua uang THR yang didapatkannya. Anda bisa mengajaknya berlatih membuat rencana anggaran agar ia dapat melakukannya sendiri. 

Sampaikan juga bahwa ia bisa menggunakan uang tersebut untuk membeli sesuatu yang ia butuhkan dan tak bisa terbeli dari uang saku hariannya. Bimbing ia untuk menentukan jumlah pengeluaran yang sesuai. 

 

Baca juga:

Membagikan Amplop Lebaran untuk Balita, Bolehkah?

Penyebab Boros Saat Lebaran

 

LTF

FOTO: SUTTERSTOCK

 


Topic

#ramadanparentingina #ramadanprana #ramadanbulanmulia #ramadan #puasaramadan #lebaran #idulfitri

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Amplop Lebaran untuk Anak-anak, Jangan Berikan Cuma-cuma