Berani Berubah Menjadi Lebih Baik



“Tahukah Anda, beradaptasi terhadap perubahan positif sebenarnya sama sulitnya dengan menghadapi perubahan negatif,” kata Barton Goldsmith Ph.D. Berikut ini beberapa tip penyesuaian diri terhadap perubahan menurut Goldsmith:

> Ketika perubahan yang menurut Anda baik terjadi, terimalah dengan syukur. Mungkin Anda tidak percaya, atau merasa tidak siap, tetapi satu-satunya cara untuk terus maju adalah menerima semua hal positif, bagaimana pun caranya.

> Ketika perubahan yang terasa negatif mulai menampakkan dirinya, mulailah mencari alternatif-alternatif, sebelum perubahan benar-benar terjadi. Misal, jika tahu perusahaan tempat Anda bekerja sedang mengalami masalah dan terdengar berbagai isu yang membuat Anda tidak aman, jangan tunggu sampai Anda di-PHK, mulailah mencari pekerjaan baru. Walaupun posisi Anda saat ini tidak berubah, Anda akan mendapat pengalaman baru dan mungkin kesempatan lebih baik.

> Kita biasanya tidak memperhatikan hal-hal kecil atau perubahan-perubahan yang sebenarnya baik. Karena itu, anggap setiap perubahan hanya salah satu dari jutaan perubahan yang akan terus terjadi dalam hidup Anda. Baik atau buruk, lakukan hal terbaik untuk menerimanya.

> Perubahan-perubahan emosional bisa menjadi yang tersulit. Mungkin Anda tidak cukup kuat atau memahami persoalan secara objektif. Anda perlu memproses perasaan-perasaan Anda, dan ini butuh waktu. Temui terapis jika Anda merasa kesulitan.

> Anda yang bertanggung jawab terhadap bagaimana Anda menghadapi perubahan-perubahan itu. Sadari Anda yang memegang kendali nasib
Anda sendiri.

> Jika Anda membenci perubahan, paling tidak bertoleransilah terhadap perubahan. Tidak ada aturan yang mengharuskan Anda menyukai apa pun yang terjadi, tetapi Anda harus mencari jalan untuk menghadapinya.

> Jika perubahan-perubahan terasa sangat berat dan bertubi-tubi, Anda tidak harus menghadapinya sendiri. Sahabat, keluarga, konselor siap menolong Anda. Rasa sayang mereka meringankan beban Anda.

Foto : Fotosearch

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia