Ratih Megasari: Tetap Positif, Meski Putranya memiliki kelainan Genetik Langka



Setelah lebih dari satu bulan bergulir di dunia maya, hashtag dan gerakan donasi #VentilatorUntukAdam akhirnya berhasil mengumpulkan sejumlah uang untuk membeli ventilator khusus bagi seorang bayi bernama Adam Fabumi Kamaludin (2,5 bulan).

Adam adalah putra pertama Ratih Megasari (27) dan Kiagoos Herling Kamaludin (33), yang didiagnosis memiliki sindrom Patau atau trisomi 13, akibat berlebihnya jumlah kromosom 13 dalam tubuhnya. Ketika dilahirkan, seorang anak biasanya mempunyai 23 kromosom, yang diwarisi dari setiap orang tuanya.

Adam memiliki 3 kromosom 13, sehingga total jumlah kromosomnya ada 47. Kromosom ekstra itulah yang menyebabkan anak-anak yang memiliki sindrom tersebut mengalami sejumlah kelainan fisik, seperti pada jantung, saraf otak, dan tulang belakang, serta cacat intelektual.

Adam sendiri memiliki gangguan di saluran pernapasan, sehingga ia membutuhkan ventilator khusus untuk membantu ia bernapas.

Sejak Adam masih berada dalam kandungan Ratih, dokter sudah mendiagnosis bayi itu mengalami Dandy Walker, yang rupanya merupakan salah satu dari gejala sindrom Patau. Dandy Walker bisa membuat Adam mengalami hidrosefalus, karena tidak adanya saluran pembuangan cairan dari otak ke seluruh tubuh. Selain itu, anak dengan Dandy Walker juga akan mengalami keterlambatan motorik dan memiliki kelebihan jari di setiap tangan dan kakinya.

Meski begitu, Ratih dan suaminya memutuskan tetap melahirkan Adam, dan berjuang bersama bayi kecil itu menjalani kehidupannya dengan kelainan langka tersebut. Adam pun terpaksa ‘tinggal’ di NICU sejak ia lahir, untuk mendapatkan perawatan intensif dari dokter.

Yang menarik, Ratih rajin mem-posting foto maupun video aktivitas Adam selama menjalani perawatan di NICU, lewat akun instagram @adamfabumi, dengan berbagai caption yang lucu dan bernada positif. Maka tak heran, jika follower akun itu pun sangat cepat bertambah dalam waktu singkat.

Kepada Parenting Indonesia, Ratih berbagi cerita tentang Adam, yang menjadi sumber kekuatan luar biasa bagi mama dan papanya.

 


Topic

#MamaHebat

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Ratih Megasari: Tetap Positif, Meski Putranya memiliki kelainan Genetik Langka