5 Gerakan Yoga untuk Meningkatkan Fokus Anak


Yoga punya banyak manfaat untuk anak-anak, di antaranya adalah mengurangi stres dan meningkatkan konsentrasi. Tina Maladi, pendiri Kids Yoga Jakarta mengatakan bahwa dengan melakukan yoga di kelas sebelum memulai pelajaran sekolah, anak-anak akan lebih rileks dan proses belajar akan lebih efektif.
 
Tina merekomendasikan 5 gerakan yoga yang baik untuk dipraktikkan anak-anak, yakni:


1. Downward Dog

Pose ini mengaktifkan seluruh bagian tubuh, mulai dari bahu, lengan, tangan, serta paha bagian dalam, betis, dan kaki. Dengan melakukan pose ini, anak-anak dapat menenangkan otaknya sekaligus terbantu menghilangkan stres dan depresi ringan. Di samping itu, pose ini juga dapat memberi energi pada tubuh untuk menjalankan seluruh aktivitasnya dalam sehari.
 
Cara:
Buka kaki selebar panggul dan tangan selebar dada lalu letakkan kaki dan tangan menempel di lantai. Angkat pinggul ke atas dan kepala turun dengan pandangan ke arah kaki. Pertahankan posisi ini hingga 8 hitungan.
 
Tip: Bisa juga ajak anak-anak menirukan suara anjing. Berteriak mengeluarkan suara dapat menjadi pelepas stres sekaligus melatih pernapasan dan oral motor mereka.


2. Tree Pose

Pose ini dapat memperdalam kemampuan untuk berkonsentrasi. Tarikan napas yang teratur dan lebih dalam membantu menciptakan kedamaian dalam pikiran dan tubuh anak-anak. Pose ini juga dapat mengurangi kecemasan dan stres. Tak hanya itu, mampu berdiri tegap dalam pose ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan menciptakan self esteem anak-anak yang lebih baik.
 
Cara: Berdiri tegak dan angkat satu kaki untuk diletakkan di paha atau lutut—sesuai dengan kemampuan anak-anak. Begitu seimbang, letakkan tangan mengatup di depan dada seperti berdoa dan tarik napas dalam. Lakukan 8 hitungan.


3. Warrior 1

Pose ini mengajarkan anak-anak untuk mengembangkan konsentrasi sekaligus fokus pada kesadaran tubuh dan meningkatkan koneksi antara tubuh dan pikiran.
 
Cara: Berdiri dengan kaki terbuka selebar pinggul. Langkahkan kaki kanan ke depan dan tekuk. Buka kaki kiri selebar 45 derajat ke luar. Angkat tangan dan lengan ke atas hingga badan tertarik. Tahan hingga 8 hitungan dan lakukan dengan sisi sebaliknya.


4. Triangle Pose

Pose ini membantu anak-anak untuk relaksasi sehingga mereka bisa tenang sebelum memulai pelajaran. Hasilnya, mereka akan mampu lebih fokus. Pose ini membutuhkan konsentrasi dan perhatian yang fokus pada napas sehingga bisa menjaga kestabilan. Pose ini juga dapat membantu meregangkan punggung yang sangat mungkin tertekan selama sekian jam saat anak-anak harus duduk di kelas.
 
Cara: Berdiri di atas matras dengan kaki terbuka selebar pinggul. Langkahkan kaki kanan ke depan dan sejajarkan ke dua tumit. Putar kaki kiri 90 derajat ke arah luar. Tarik napas dan angkat tangan kiri ke atas sampai sejajar dengan bahu sementara tangan kanan menyentuh kaki kanan. Arahkan pandangan ke jari tangan kiri. Lakukan selama 8 hitungan dan lakukan hal yang sama dengan sisi sebaliknya.


5. Lion

Gerakan ini bermanfaat untuk membuang emosi negatif untuk membuat anak-anak merasa lebih baik dan lebih konsentrasi berikutnya.
 
Cara: Duduk di atas lutut. Letakkan kedua tangan terbuka di depan bahu. Tarik napas dan buang napas melalui mulut mengeluarkan suara auman dengan posisi tubuh dan kepala yang dicondongkan ke depan. Saat membuang napas, buka mata lebar-lebar dan julurkan lidah.
 
Tip: Keluarkan suara sekeras-kerasnya. Ini akan membuat lebih rileks setelahnya.
 
Pose-pose ini bisa dilakukan rutin sebelum memulai pelajaran untuk mengoptimalkan proses belajar. Bila tidak ada tempat, pilih beberapa gerakan yang bisa dilakukan di kursi atau chair yoga.
 
 
Baca juga:
Manfaat Yoga untuk Fisik dan Pikiran Anak
Hal Perlu Diperhatikan Sebelum Anak Yoga
Yuk, Belajar Yoga untuk Anak Berkebutuhan Khusus!
3 Pose Yoga Ini Bikin Anak Lebih Ceria
Terapi Yoga Anak dengan Autisme di Kids Yoga Jakarta
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: FREEPIK
 

 
 

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

5 Gerakan Yoga untuk Meningkatkan Fokus Anak

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia