Apakah Anda Sudah Menyimpan Makanan di Kulkas dengan Aman?


 

Hasil belanjaan dari supermarket, disimpan di kulkas. Makanan sisa yang tidak habis, disimpan di kulkas. Makanan yang baru selesai dimasak, disimpan di kulkas. Buah yang sudah dipotong, disimpan di kulkas. Daging, ikan, dan telur, disimpan di kulkas juga. Seringkali Anda tidak menyadari telah mencampuradukkan banyak barang di dalam kulkas dalam satu waktu. Apakah hal itu aman untuk keluarga Anda?
 
Aturan Dasar Menyimpan Makanan dengan Aman dalam Kulkas
US Food and Drug Administration (FDA) mengatakan bahwa menyimpan makanan di lemari pendingin atau lemari pembeku dapat membantu meminimalisir risiko penyakit yang diakibatkan oleh mikroorganisme seperti salmonella atau Escherichia coli (Ecoli) yang biasanya terdapat pada makanan.
 
Untuk itu US FDA merekomendasikan aturan dasar menyimpan makanan di kulkas

  • Pertahankan suhu lemari es di bawah 4°C. Suhu freezer harus -18°C. Perhatikan suhu secara berkala. Agar lebih pasti, Anda bisa menggunakan thermometer.

  • Utamakan higienitas dalam menyimpan makanan di kulkas. Misal, mencuci tangan dahulu, membersihkan barang-barang yang akan dimasukkan ke dalam kulkas seperti kardus susu, minuman dalam botol atau kaleng, serta memisahkan bahan mentah dan matang.

  • Gunakan prinsip “2 Hour Rule”. Makanan yang perlu didinginkan atau dibekukan harus segera dimasukkan ke dalam kulkas tidak lebih dari 2 jam setelah Anda mendapatkannya. Jangan biarkan daging, ikan, sayur dan bahan lain yang membutuhkan pendinginan berada di luar lebih dari 2 jam.

  • Konsumsi makanan siap saji sesegera mungkin. Semakin lama mereka berada di kulkas, semakin banyak peluang bakteri Listeria dapat tumbuh. Terutama jika suhu kulkas di atas 4°C.

  • Periksa petunjuk penyimpanan pada label. Jika ada makanan yang harus didinginkan namun Anda lupa melakukannya, sebaiknya buang saja.

  • Bersihkan kulkas secara teratur.

 
Yuk, Mengorganisir Isi Kulkas!

  • Gunakan rak paling atas untuk menyimpan makanan yang sudah jadi seperti pudding dan kue. Hal ini bertujuan agar makanan-makanan tadi tidak ketetesan air atau tumpahan dari rak di atasnya. Simpan buah-buahan di rak tengah. Buah-buahan tidak perlu dicuci terlebih dahulu untuk menghindari cepat membusuk. Sedangkan sayur-sayuran perlu dicuci terlebih dahulu. Tunggu kering lalu masukkan ke dalam wadah atau plastic, dan simpan di rak paling bawah.

  • Jangan langsung memasukkan daging, ikan, dan unggas ke dalam kulkas. Cucilah dulu, lalu masukkan ke dalam wadah tertutup kedap udara agar tidak mencemari bahan makanan lainnya.

  • Jaga semua makanan agar tetap tertutup. Simpan makanan dalam wadah kedap udara atau plastik untuk  meminimalisir mencemari bahan makanan lainnya.

  • Jika ada makanan yang tumpah di dalam kulkas, segera bersihkan

  • Pastikan tanggal kadaluarsa. Jika Anda membeli produk-produk seperti sayur atau daging di supermarket akan ada label “use by date” yang artinya produk tersebut direkomendasikan untuk dikonsumsi di tanggal itu juga untuk rasa dan kualitas terbaik.

 
Beberapa Fakta tentang Freezer

  • Makanan yang dibekukan dengan cara dan suhu yang tepat akan tetap aman. Namun terlalu lama menyimpan makanan dalam freezer juga akan mengurangi rasa, aroma, dan warna makanan.

  • Membekukan makanan bukan berarti membunuh semua bakteri. Pembekuan hanya bertujuan untuk menghentikan pertumbuhan bakteri selama makanan disimpan.

  • Membekukan makanan tidak akan mengurangi nutrisinya, namun ada sedikit perubahan pada kandungan proteinnya.

  • Freezer burn atau makanan terlihat seperti cokelat keabu-abuan kasar karena disimpan di dalam freezer bukan berarti bahwa makanan tersebut tidak aman. Freezer burn menjadi pertanda tentang kualitas makanan, bukan menunjukkan apakah aman dikonsumsi atau tidak. Hal ini dapat terjadi karena makanan tidak dibungkus kedap udara.

 
 
Baca juga:
Hindari Virus Corona Bertahan di Kulkas, Ini 6 Hal yang Harus Anda Lakukan
Mengatur Isi Kulkas Saat Listrik Padam
7 Tip Mengatur Bahan Makanan Selama #dirumahsaja
13 Langkah Mudah Menghindari Buang-buang Makanan (Bagian 1)
13 Langkah Mudah Menghindari Buang-buang Makanan (Bagian 2)
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: FREEPIK
 

 
 

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

Apakah Anda Sudah Menyimpan Makanan di Kulkas dengan Aman?

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia