18 Ide Permainan Agar Anak Aktif Bergerak


Undian Meniru Hewan

Tulis  beberapa nama hewan di secarik kertas, lalu gulung dan masukkan ke mangkuk. Ajak anak mengocok dan mengambil gulungan kertas, lalu memeragakan gerak gerik binatang yang tertulis tanpa mengeluarkan suara. Mereka harus memeragakan ini sampai seseorang dapat menebak hewan apa yang diperagakannya.

Freeze Frame

Kumpulkan beberapa boneka lalu mainkan sebuah musik dan ajak anak menari bersama. Salah seorang dari orang tua bertindak sebagai DJ musik yang memainkan lagu serta menghentikannya di tengah-tengah tarian. Saat musik berhenti, semua orang harus mematung hingga musik kembali dimainkan. Jika ada yang menyalahi aturan, hukumannya harus menari bersama boneka yang ditentukan.

Terbang dan Tangkap

Ajak anak melempar balon berbentuk bola atau bola pantai ke udara setinggi-tingginya. Tantangannya, saat bola masih di udara ia harus bisa memegang ujung hidung atau melakukan tos dengan mama sebelum bolanya jatuh. Buat tantangan lain yang lebih sulit setelah ia cukup mudah melakukannya.

Jalan Berwarna

Tebarkan secara acak kertas lipat beraneka warna di atas karpet yang empuk. Rekatkan kertas tersebut menggunakan double tape  agar tidak mudah bergeser. Setelah selesai mengatur kertas, buat tantangan bahwa anak boleh berjalan di atas warna tertentu sesuai arahan mama. Misalnya, coba jalan di atas kertas berwarna merah saja, dan seterusnya. Agar tak terlalu membosankan, atur beberapa warna agak jauh sehingga ia harus melompat untuk mencapainya. Namun pastikan bahwa tempat bermainnya sudah aman dengan dasar yang empuk.Tujuan permainan ini agar anak bisa mencapai titik akhir dari kertas yang dianjurkan untuk diinjak.
 

 





Video

Behind The Scene - Cover Parenting Indonesia Agustus 2017


Polling

18 Ide Permainan Agar Anak Aktif Bergerak

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia