18 Ide Permainan Agar Anak Aktif Bergerak


Merangkak Bola Kapas

Sebarkan beberapa bola kapas di kamar anak, lalu letakkan mangkuk kosong di ruangan lain. Atur timer selama 4 menit dan selama waktu tersebut anak dapat memindahkan bola-bola kapas dari kamarnya ke mangkuk. Tantangannya, ia harus membawa bola kapas dengan merangkak dan menggunakan sendok yang digigit. Bila ia berhasil menyelesaikan tugas sesuai waktu, ulangi lagi dengan durasi yang lebih pendek. Begitu seterusnya.

A B C

Ajak anak membuat huruf dengan badannya. Setelah ia mampu melakukannya, ajak anak mengeja namanya dengan cara yang sama. Selain nama, ia juga dapat mengeja kata-kata pendek lainnya. Saat ia memeragakan membuat huruf, ambil foto dan tunjukkan apakah pola tersebut sudah mirip dengan huruf yang dimaksud.

Monster Cermin

Ajak anak membuat bentuk tertentu dengan menempelkan wajah atau tubuh di cermin. Atau, sisir rambut ke bentuk tertentu dan refleksikan di cermin hingga menyerupai monster. Akan lebih mudah bila merefleksikan di cermin rias yang bersiku di ujung kanan maupun kiri. Saat berhasil membuat monster, ia boleh mulai meraung seperti monster.  Roarrr...

Pecah Balon

Ikat balon ke mata kaki kiri masing-masing pemain, mama dan anak, dengan seutas tali  dengan panjang sekitar 90 cm. Setelah setiap pemain memiliki balon, ajak anak menuju ruangan yang luas. Lalu, ajak anak untuk mencoba memecahkan balon dengan cara menendangnya. Siapa yang berhasil memecahkan balon terlebih dulu, dia yang mendapat skor.
 

 





Video

Behind The Scene - Cover Parenting Indonesia Agustus 2017


Polling

18 Ide Permainan Agar Anak Aktif Bergerak

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia