18 Ide Permainan Agar Anak Aktif Bergerak


Tembakan 3 Poin dengan Misi

Letakkan sebuah ember di beberapa ruang dan posisikan sekitar 1,5 meter dari ambang pintu ruangan masing-masing. Lalu buat beberapa bola dari kaus kaki papa yang digulung. Ajak anak untuk menyelesaikan misi, memasukkan kaus kaki ke dalam ember dengan berdiri di batas ambang pintu. Setelah ia berhasil memasukkan bola ke ember dengan tembakan 3 poin layaknya gaya pemain bola basket, ia boleh berpindah ke ruangan lain dan seterusnya, hingga semua ember terisi.

Jalan Balon

Tiup balon lalu ajak dua anak untuk berlomba jalan balon. Mereka harus berjalan dengan mengempit balon di pahanya lalu mengikuti jalur yang dibuat oleh mama. Saat berjalan, tangan mereka harus tetap berada di belakang punggung dan tidak boleh memegang balon yang dikempit. Jika ada yang curang, ia harus mengulang berjalan dari awal lagi.

Duduk-Berdiri ala Kembar Siam

Ajak dua anak duduk di lantai saling membelakangi dan dengan siku yang saling bergandengan satu sama lain. Lalu mintalah mereka untuk berdiri dengan masih mempertahankan posisi tersebut. Beritahu bahwa mereka harus saling mendorong badannya agar dapat berdiri dengan baik. Selain itu, butuh kerjasama yang kompak agar tidak terduduk kembali. Setelah ia berhasil berdiri, beri tantangan lain  seperti mengambil sesuatu di lantai dengan posisi yang sama. Dimana mereka harus bekerjasama untuk menunduk dan meraih benda tersebut, lalu berdiri lagi dan berjalan menuju titik tertentu.

Potato Drop

Buat lomba dengan meletakkan toples di garis finish. Buat jarak start ke finish sekitar 4,5 meter. Berikan sebuah kentang kepada masing-masing anak. Mereka harus berlomba membawa kentang dengan cara mengempitnya di lutut lalu memasukkannya ke dalam toples. Saat berjalan maupun memasukkan kentang, tidak ada yang boleh menggunakan tangannya.

Baca juga : 4 Aplikasi Anak Kreatif 

 





Video

Behind The Scene - Cover Parenting Indonesia Agustus 2017


Polling

18 Ide Permainan Agar Anak Aktif Bergerak

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia