12 Hal yang Dipelajari Anak Perempuan dari Ibunya

anak perempuan dan ibunya


Hubungan anak perempuan dan ibunya itu istimewa. Ibu adalah sekolah pertama bagi anak. Banyak hal yang dipelajari anak perempuan dari ibunya. Ibulah yang menjadi rujukan anak-anak perempuan untuk memilih baju, membagikan kecemasan soal menstruasi pertamanya, atau ketika ada teman laki-laki yang menyukainya. Boleh dibilang, ibu adalah guru 24/7 bagi anak-anak perempuannya.
 
Hubungan positif antara ibu dan anak perempuannya akan memengaruhi kepribadian anak, self esteem-nya, hingga kemampuan mereka mengendalikan diri. Nah, karena mengetahui bahwa ibu memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam kehidupan anak perempuannya, tentu kita ingin memberikan panutan yang baik, dong. Hal apa saja yang akan dipelajari anak perempuan kita?
 

1. Cara Ibu Mencintai Tubuhnya
Penelitian dalam jurnal Developmental Psychology menunjukkan bahwa persepsi negatif seorang ibu terhadap bentuk tubuhnya akan memengaruhi cara anak perempuan melihat dirinya sendiri. Bila ibu selalu mengeluhkan soal lemak, kerutan di wajah, warna kulit, atau rambut, maka anak-anak perempuannya bisa juga memiliki kekhawatiran yang sama.
 
Ibu yang selalu mengeluhkan kekurangan tubuhnya akan membuat anak perempuan melakukan hal yang sama. Anak-anak akan memiliki kekhawatiran dan pandangan yang sama atas tubuhnya.
 
Nah, stop semua persepsi negatif Anda dan mulailah untuk menerima tubuh Anda sendiri atau mempraktikkan body acceptance. Dengan demikian, anak-anak akan belajar body positivity dari Anda. Sebab, menurut Seksolog Klinis Zoya Amirin, M.Psi., FIAS, kesadaran anak-anak akan body positivity akan tumbuh bila mereka hidup di lingkungan keluarga yang juga memperjuangkannya. Tidak peduli bagaimana pun bentuk tubuhnya, semua perempuan berharga.
 

2. Cara Ibu Memperlakukan Orang Lain
Setiap anak belajar bagaimana cara ibunya memperlakukan orang lain, baik itu anak-anak, orang tua, suami, saudara, asisten rumah tangga, tetangga, pedagang, atau temannya. Anak-anak akan belajar menjadi manusia yang empati bila ibunya selalu mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.
 
Hanlie Muliani, M.Psi., Psikolog Anak, Remaja dan Pendidikan, Founder of SOA dan School of ChiLD mengatakan bahwa salah satu kunci membangun empati adalah dengan membiasakan anak memikirkan hal yang dipikirkan dan dirasakan oleh orang lain.
 

3. Cara Ibu Jujur dan Menepati Janji
Anak-anak akan selalu belajar dari ibu yang tidak berbohong. Mereka juga belajar bagaimana ibunya berusaha menepati janji untuk menemani mereka main di tengah banyaknya tugas yang harus diemban.
 

4. Cara Ibu Menerima Perlakuan dari Orang Lain
Selain cara memperlakukan orang, anak-anak juga belajar dari bagaimana ibu menerima perlakuan orang lain. Anak-anak melihat apakah ibunya selalu mengucapkan terima kasih atas perlakuan baik dari orang lain. Mereka juga mengamati kesabaran ibunya ketika menerima perlakuan buruk dari orang lain. Mereka juga mengamati seperti apa harus bersikap tegas kepada orang lain ketika itu dibutuhkan. Tegas bukan berarti kekerasan, ya.
 

5. Cara Ibu Menjaga Pernikahan
Anak-anak perempuan akan belajar cara ibunya memelihara dan menjaga pernikahan. Ini akan sangat bermanfaat bagi mereka sebagai bekal membangun hubungan romantis saat dewasa kelak. Aksi tulus, saling menghargai, komunikasi yang sehat, serta regulasi konflik yang baik adalah contoh baik yang perlu mereka pelajari.
 
Pengetahuan tentang hubungan yang sehat, dapat menjaga anak jadi korban kekerasan seksual, lho, menurut Zoya.
 
Baca juga: Lindungi Anak dari Predator Seksual
 

6. Cara Ibu Mengelola Uang
Sering kali, orang tua ‘menyembunyikan’ dompet orang tua. Bagi mereka, masalah keuangan adalah rahasia orang tua. Padahal, anak-anak perlu dipaparkan pada persoalan keuangan sejak dini, lho. Bukan berarti mereka harus tahu nominal yang dimiliki orang tua. Setidaknya mereka harus tahu bahwa setiap manusia membutuhkan pendapatan untuk kemudian digunakan untuk memenuhi pengeluaran. Di samping itu, mereka juga perlu belajar menabung atau investasi untuk mendapat lebih banyak lagi.
 
Psikolog Irma Gustiana Andriani, S.Psi., M.Psi, Psi, PGCertPT mengatakan bahwa edukasi keuangan sejak dini akan bermanfaat untuk membangun kebijaksanaan dan kecerdasan anak mengelola uang, memisahkan kebutuhan dan keinginan, serta lebih siap menjalani masa depan.
 
Baca juga: 4 Resolusi Keuangan yang Akan Menyelamatkan Keluarga Anda
 

7. Cara Ibu Berani Berpendapat
Perempuan punya suara yang harus didengar. Cara Mama untukmenunjukkan keberanian berpendapat akan sangat mendorong anak perempuannya untuk melakukan hal yang sama.
 

8. Cara Ibu Mewujudkan Mimpinya
Cara ibu mengelola dirinya sendiri untuk mewujudkan mimpi akan menjadi contoh positif bagi anak-anak perempuan. Bagaimana Mama menyusun target, mengevaluasi kegagalan, mencari solusi, serta bangkit kembali bila mengalami kegagalan adalah contoh yang sempurna untuk membangun ketangguhan.
 

9. Cara Ibu Mengelola Emosi
Ibu yang baik bukanlah ibu yang tidak pernah marah, sedih, atau kecewa. Semua perasaan tersebut wajar dan manusiawi. Bagaimana cara ibu mengelola emosinya disebut oleh Psikolog Ajeng Raviando, Psi. dapat menjadi contoh yang baik bagi anak-anak untuk menerima setiap emosinya dan meregulasinya.
 
Baca juga: 7 Hal yang Harus Dilakukan Setiap Ibu untuk Menjaga Kesehatan Mental
 

10. Cara Ibu Mengatasi Keterpurukan
Anak-anak perempuan bisa belajar cara kita tetap tangguh dan berdiri teguh saat mengalami keterpurukan. Sedih boleh saja, mengambil jeda sebentar juga boleh. Akan tetapi, sangat penting untuk menjadi perempuan yang memiliki reciliency atau daya lenting untuk kembali bangkit setelah jatuh.
 
Baca juga: Gaya Pengasuhan yang Menumbuhkan The Resilient Kids
 

11. Cara Ibu Mencari Informasi
Di era internet ini, banyak informasi bisa diperoleh dengan mudah. Kebiasaan mama untuk selalu cek ulang informasi yang didapat akan menjadi contoh berharga bagi anak-anak perempuannya untuk tidak termakan hoaks dan informasi yang berbasis ‘katanya’.
 

12. Cara Ibu Menjalani Kehidupan Spiritual
Anak-anak belajar dari ibunya mengenai cara mengembangkan kehidupan spiritual. Oleh karenanya, ajak mereka untuk terlibat dalam hal atau kegiatan yang Anda harapkan akan dilakukan atau dipelajari anak-anak.
 
Baca juga:
6 Kesalahan Mendidik Anak Remaja Perempuan
Membesarkan Anak Perempuan Berkarakter, Katakan 5 Hal Ini!
8 Dampak Buruk pada Anak Perempuan Bila Merasa Tak Dicintai Orang Tua
Perempuan Lebih Rentan Alami Emotional Eating
5 Ciri Keluarga yang Mendukung Emansipasi Perempuan
5 Langkah Membesarkan Anak Perempuan Pemberani
 
LTF
FOTO: FREEPIK

 


Topic

#usiasekolah #parenting #parentingstyle

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

12 Hal yang Dipelajari Anak Perempuan dari Ibunya