Tak Perlu Buru-Buru Memvonis Anak Kurang Makan, Lakukan Penilaian Ini!

bagaimana jika anak tidak doyan makan


Mama sudah repot-repot memilih bahan makanan terbaik untuk anak dan memasaknya, menyediakan camilan sehat, juga susu dan buah-buahan. Tujuannya tentu agar semua kebutuhan nutrisinya terpenuhi dan yang tak kalah penting adalah pertumbuhannya berjalan ideal. Tapi, kok, anak malah malas makan, sih. Duuuh, jangan-jangan dia akan kurang makan.
 
Baca juga: Kenyang Susu Bikin Nafsu Makan Anak Turun
 
Lantaran terlalu banyak tekanan, baik dari keluarga—kakek-nenek si kecil, om-tante, maupun kerabat, Mama jadi sering khawatir melihat anak yang tampak kurang makan. Setiap makanan anak tidak habis, Mama langsung cemas ia akan kurang makan. Apalagi bila anak betul-betul menolak makan. Pasti kecemasan Mama menjadi berkali-kali lipat.
 
Baca juga: Anak Selalu Pilih-pilih Makanan, Bagaimana Pertumbuhannya?
 
Belum lagi, bila anak dibanding-bandingkan dengan anak lain yang makannya lahap dan badannya lebih berisi oleh orang-orang di sekitarnya. Hal tersebut bisa jadi membuat Mama berpikir bahwa ada yang kurang atau salah dari proses makan si kecil.
 
Tenang dulu, Ma. Jangan buru-buru memvonis anak kurang makan bila ia tampak malas makan. Lakukanlah penilaian terhadap proses makan anak yang lebih bijak.
 
Lihat dalam 1 Minggu, Bukan 1 Hari Saja
Anda sebaiknya tak perlu cemas ketika di jam makan anak tidak menghabiskan makanannya. Atau, bahkan ketika di hari tertentu ia terlihat seperti tak mau makan sama sekali. Ketakutan Anda bahwa anak akan kekurangan makan bisa-bisa tidak terbukti, lho.
 
Amy Saphiro, M.S., R.D., C.D.N., pendiri sekaligus direktur Real Nutrition, jasa konsultasi nutrisi dan gaya hidup sehat di New York, AS menyarankan orang tua untuk menilai proses anaknya dalam satu minggu, bukan hanya satu hari. “Secara umum, anak Anda akan mengonsumsi cukup nutrisi baik yang mereka butuhkan selama seminggu. Hanya saja pada hari tertentu, mereka mungkin (sedang) lelah atau tidak lapar.”
 
Ketahui 10 Alasan Balita Tidak Mau Makan
 
Percaya Respons Alami Tubuh Anak
Anak-anak, sama seperti orang dewasa-kadang tidak berselera makan. Suatu hari mereka mungkin malas makan. Hari berikutnya mereka mungkin hanya ingin makan protein saja dan mengabaikan sayur. Hari berikutnya mereka justru mungkin hanya ingin makan yang segar-segar saja seperti buah dan sayur.
 
Tapi, menurut Amy, seluruh nutrisi yang dibutuhkannya akan terpenuhi dalam waktu seminggu. Menurut Amy, ini adalah kemampuan alami yang dimiliki anak-anak dalam membaca kebutuhan tubuhnya sendiri. Jadi, orang tua disarankan agar lebih percaya kepada anak dan tidak buru-buru memvonisnya.
 
Baca juga: Stop 4 Komentar Negatif tentang Kebiasaan Anak Makan!
 
Dampak Kesalahan Menilai
Karena sudah buru-buru memvonis anak kurang makan karena hanya melihat apa yang dimakan dan bagaimana ia makan dalam sehari saja, alhasil Mama jadi rentan memaksa si kecil untuk selalu menghabiskan makanannya di setiap waktu makan. Berbagai paksaan seperti, “Ayo ini suapan terakhir,” yang tak pernah benar-benar menjadi yang terakhir bagi si kecil akan terasa berat baginya. Hal ini dapat membuat anak-anak trauma dan jadi malah ingin menghindari waktu makan. Padahal tentu bukan hal ini yang Anda inginkan. Ada 5 Kebebasan yang Harus Dimiliki Anak-Anak di Meja Makan, lho.
 
Di samping itu, orang tua bisa jadi selalu menawarkan makanan pengganti, bahkan di luar jam makan untuk memastikan anak benar-benar cukup makan. Hal ini tentu tidak baik lantaran bisa menyebabkan anak terlalu banyak makan dan meningkatkan risiko obesitas.
 
Baca juga: 7 Gangguan Kesehatan Anak Ini Dapat Disebabkan karena Obesitas
 
Tak hanya itu, kesalahan tersebut juga membuat orang tua berpotensi membeli suplemen tambahan yang sebenarnya tidak diperlukan hanya karena khawatir anaknya tidak cukup gizi atau terlalu kurus. Natasha Burgert, M.D., F.A.A.P., dokter anak di Kansas City, Missouri, AS mengingatkan bahwa bila timbangan berat badannya seimbang dan sesuai grafik pertumbuhan, maka anak baik-baik saja dan tak perlu suplemen tambahan.
 
Baca juga:
Makanan Penambah Berat Badan Si Kecil
Food Neophobia, Bila Anak Takut Mencoba Makanan Baru
6 Alasan Anak Perlu Makan Ikan
Katakan 6 Hal Ini Tentang Sayur & Buah pada Si Kecil
Asupan Air Cukup Untuk Pertumbuhan Anak
5 Mineral Penting yang Harus Dikonsumsi Anak di Masa Pertumbuhan
 
 
LTF
FOTO: FREEPIK

 


Topic

#balita #kesehatananak #gizianak

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Tak Perlu Buru-Buru Memvonis Anak Kurang Makan, Lakukan Penilaian Ini!